Selasa, 12 Mei 2015

Konversi Raport Kurtilas ke K 2006

Konversi Nilai Rapot Kur. 2013 ke Kurikulum 2006
                    Oleh : Fatkhul Wahab, S.Pd.I


Semester II TP 2014/2015 khususnya bagi madrasah menghadapi kenyataan kembali menggunakan KTSP 2006, kecuali mapel agama. Kendati Mapel Agama menggunakan kurtilas, tetapi penilaiannya menggunakan model K 2006.
Tulisan ini sedikit membantu rekan guru yang merasa kesulitan dalam menkorversi nilai semester I (nilai dalam aplikasi rapot) yang berupa deskripsi ke dalam bentuk kuantitatif. Tutorial ini menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenag yang sempat beredar pada saat pembuatan raport semester I.
Konsep sederhana dalam konversi ini adalah mengambil nilai  dalam leger aplikasi (leger KI-3 & KI-4)  untuk diubah menjadi nilai sesuai Kur. 2006. langkah-langkahnya adalah sbb. :
1. Buka aplikasi raport Kemenag. 


2. Siapkan file excel yang berbeda di samping aplikasi, klik tombol kompetensi => Aspek Pengetahuan  sehingga tampil seperti gambar di bawah ini


3. Klik mata pelajaran (dalam contoh ini adalah mapel Aqidah Akhlaq) kemudian letakkan kursor pada nilai dibawah KD kemudian copy. 
 

4. Copy data dari KI-3(mapel Aqidah Akhlaq) dengan klik kanan=> paste special=> paste link  di file excel yang lainnya . seperti pada gambar.

          

5 Dengan langkah yang sama, kembali ke menu awal, klik Kompetensi Keterampilan (KI-4) =>mapel Aqidah Akhlaq => Copy nilai KD 4.1 dst =>paste special di samp[ing data copy an KI-3. gambar akhir sbb.
              

6. Carilah rata-ratanya dengan menggunakan fungsi Average tarik kursor ke bawah ketiak muncul simbol +. nilai dalam warna hijau adalah nilai jadi yang akan dimasukkan ke dalam raport K.2006.



7. Lakukan hal yang sama pada semua mapel 
8. Jika Bapak Ibu guru kesulitan menggunakn paste special, bisa menggunakan paste value.

 semoga tulisan ini bermanfaat







Tidak ada komentar:

Posting Komentar